airatnasari17

Talkless…Write more

Kenapa Harus Bersikap Kritis?

Leave a comment

Kritis bukanlah sifat egois atau sifat ingin menang sendiri. Sebagai manusia yang memiliki sifat rasional dan empiris, tentunya kita merasa bahwa masalah akan selalu muncul dalam menjalani kehidupan ini.
bersikap kritis muncul ketika dalam suatu keadaan kita merasa bahwa hal tersebut salah dan menyimpang dari kebenaran. Disisi lain bersikap kritis juga penting. Karena dengan bersikap kritis, seseorang dapat menerim a respon dan akan cenderung berpikir untuk memecahkan masalah tersebut. Dari cara pandang inilah tentunya akan melahirkan sebuah krisis, kemudian dari krisis tersebut akan muncul sebuah persepsi atau cara pandang baru dalam diri seseorang.

Jangan Hanya Diam!

Sekarang bukan saatnya anda untuk berdiam diri dan berpangku tangan melihat atau merasakan sesuatu hal yang menurut anda salah dan menyimpang dari norma. Kita harus peka terhadap segala sesuatu agar tidak begitu saja menyerah dan mengikuti apa yang sebenarnya kita tidak ingin lakukan. Karena kritis merupakan bentuk apresiasi kita terhadap pembebasan hak asasi manusia. Caranya, jangan ragu untuk mengutarakan pendapat dan berpikir positif. Memang, mungkin menurut kita kritikan atau pendapat kita baik. Tapi disisi lain juga kita harus mendengarkan pendapat yang lain. Selain itu, kita juga harus bersikap mawas diri dan jangan menyerah untuk berevolusi kearah yang lebih baik. Dan mulailah dengan membentuk kepribadian yang memiliki cara pandang yang positif.

Author: airatnasari

belajar istiqomah

Leave a comment